Tuesday, October 23, 2012

Maag atau GERD?



iseng-iseng berhadiah setelah googling kata 'maag'. penasaran, maag ini sudah bertengger selama kurang lebih hampir 2 tahun, jadi kalau pun kumatnya datang, anggap seperti kebiasaan aja. sakit, tapi ya udah kebiasa dengan sakitnya, minum 1-2 sendok obat maag cair lalu diamkan, sakit pun hilang, kalau kumatnya menggila semalam suntuk pun tidur gabisa. ini sih derita asam manis si maag.

hasil googling pun rasa-rasanya sedikit mengkhawatirkan, karena isinya sesuai sekali dengan gejala yang selama ini dirasa, mulai sulit nafas, nyeri menggila di lambung, sendawa ga ada habisnya, dan ini biasa terjadi di malam hari. yes, yes, semua gejala sama persis dan ini semua ada sebabnya. kenapa susah nafas? karena asam lambung berlebih dan naik sampai paru-paru dan kerongkongan, ini dia kenapa bahkan sempat beberapa kali asamnya sampai naik terasa di lidah. pertanyaan yang akhirnya terjawab, seengganya tahu kenapa. ternyata ini bukan hanya sekedar maag, ini adalah satu jenis penyakit kronis lain yang disebabkan oleh peningkatan asam lambung, alias gastroesophageal reflux disease (GERD). keren ya namanya, belibet, konon penyakit ini bisa menyebabkan kanker esofagus. hmmm.

pencegahannya juga berentet, mulai dari satu kebiasaan yang sulit sulit untuk ditinggal, kurangi minuman yang merangsang asam lambung alias kopi. lalu kendalikan stress karena bisa meningkatkan asam lambung.

satu peluru menembus dua lapis. kopi ini bagaikan air putih, dan stress ini bagaikan parasit di tengah hidup. ya Tuhan.


........
naa nana nanananana nanananana nananananana

disinilah aku dibesarkan
dihamparan sungai yang kian hitam
diujung jalan sempit yang terus tergenang
dibawah jembatan ku bernyanyi riang

naa nana nanananana nanananana nananananana
........

Bangkutaman - Ode Buat Kota


mudah-mudahan bisa sehat. harus sehat!

2 comments:

DAYEUH said...

euleuh euleuh, kopi udah bagaikan air putih, kopinya digalon kali ya hehehe. selamat mengganti kopi dengan air putih. :)

Hanna Fadhila said...

iya day..apa daya dong ahh